Rabu, 03 Juni 2009

LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS


MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 PATIANROWO DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING


Diajukan Untuk Mengikuti Lomba Guru Ideal Jawa Pos:
Karya Tulis Ilmiah





Oleh ;
IIN YURISTIN NADHIROH, S.Pd
NIP. 132 220 603










SMA NEGERI 1 PATIANROWO KABUPATEN NGANJUK
TAHUN 2008
HALAMAN PENGESAHAN






MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 PATIANROWO DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING



DISUSUN OLEH:
IIN YURISTIN NADHIROH S.Pd
NIP 132 220 603

Disetujui/Disahkan :



Kepala SMA Negeri 1 Patianrowo




Drs SURATNO, MM
NIP. 130 892 642

KATA PENGANTAR


Dengan mengucapkan syukur kehadirat Alloh SWT yang telah memberikan taufiq serta hidayahNya, sehingga penulis dapat menyelesaikan Karya tulis ilmiah dengan judul MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 PATIANROWO DENGAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING. Pada kesempatan ini, penulis menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada :
1. Kepala SMA Negeri 1 Patianrowo yang telah memberikan ijin dan memfasilitasi kegiatan penelitan ini,
2. Guru SMA Negeri 1 Patianrowo yang telah memberikan dukungan dan motivasi kegiatan penelitian ini,
3. Semua pihak yang telah membantu baik moril maupun materiil sehingga penelitian tindakan kelas ini dapat terselesaikan.
Dalam penulisan laporan penelitan ini, masih banyak terdapat kekurangan, oleh Karena itu penulis sangat berharap saran dari pembaca demi perbaikan penelitian ini.
Semoga penelitian ini dapat berguna bagi kita semua khususnya praktisi pendidikan.


Patianrowo, ………2008


Penulis

ABSTRAK
Abstrak


Telah dilakukan penelitian tindakan kelas dengan judul : Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri I Patianrowo Dengan Pendekatan Problem Based Learning; Oleh : Iin Yuristin N. Nip. 132 220 603 ; Unit Kerja : SMA Negeri I Patianrowo ; Alamat : Jl. PG. Lestari :- Patianrowo,Nganjuk

Dunia Pendidikan Indonesia tengah berupaya melakukan perbaikan kondisi pembelajaran diseluruh jenjang penddikan dengn meluncurkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Hal ini merupakan salah satu perwujudan upaya mengimplementasikan paradigma baru dalam dunia pendidikan yang diharapkan “ Student Centere” yaitu berpusat pada siswa. Pembelajaran di sekolah dharapkan dilakukan berdasarkan filosofi konstruktivisme yaitu memberi kesempatan kepada siswa untuk “membangun” sendiri pemahamannya melalui pengalaman belajar dengan memanfaatan pengetahuan awal yang telah dimiliki.
Hasil observasi yang telah dilakukan di kelas X-2 SMA Negeri 1 Patianrowo ternyata proses pembelajaran masih bersifat tradisional dalam arti guru menyampaikan materi pelajaran hanya dengan berceramah (Teacher Centered) sehingga peran guru sangat dominan dan siswa tidak pernah terlibat langsung di daam proses pembelajaran. Kenyataan di lapangan tersebut menjadi suatu permasalahan, dimana proses pembelajaran berpusat pada siswa (student Centered) tidak berpusat pada guru (Teacher Centered) sehingga fungsi guru bukan sebagai pusat informasi melainkan sebagai fasilitator dalam pembelajaran.
Berdasarkan masalah diatas maka dilakukan penelitian dengan tujuan untuk melakukan perbaikan-perbaikan terhadap suatu system belajar sesuai dengan yang diharapkan oleh peneliti. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yaitu penelitian yang dilakuan secara berulang yang dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi (Husnul, 2008:2).
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, karena data yang terkumpul beruapa kata atau kalimat. Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan peristiwa-peristiwa bagaimana yang terjadi selama berlangsungnya proses belajar mengajar di kelas secara alamiah. Dalam penelitian ini siswa yang diberi tindakan atau perlakuan adalah siswa kelas X -2 tahun pelajaran 2007/2008 sebanyak 40 siswa. Perolehan data pada penelitian ini, dengan menggunakan metode tes. Tes diperoleh dari hasil pre tes sebelum pembelajaran dan post tes setelah pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL
Dari soal-soal tes, soal yang digunakan haruslah valid dan memiliki daya beda  0,21.Berdasarkan Pre Test hanya ada 6 siswa yang tuntas atau mendapat nilai  65 dari 40 siswa. Karena terdapat 15 % siswa yang mendapat nilai  65 dan nilai rata-rata sebesar 52, 76 maka dapat dikatakan bahwa pada saat pre test ketuntasan kelas tidak tercapai. Pada table siklus I ada 24 siswa yang tuntas atau mendapat nilai  65 dari 40 siswa. Karena terdapat 60 % siswa yang mendapat nilai  65 dan nilai rata-rata sebesar 68,83 maka dapat dikatakan bahwa pada putaran I ini ketuntasan kelas belum tercapai. Pada putaran II ini terdapat 75 % siswa yang mendapat nilai  65 dan nilai rata-rata sebesar 76. Prestasi belajar siswa meningkat dibandingkan dengan putaran I, Pada putaran III ini terdapat 90 % siswa yang mendapat nilai  65 dan nilai rata-rata sebesar 76,02 . Pada tes ahir (post test) ketuntasan belajar 95 % dan nilai rata-rata sebesar 81, 2 maka dapat dikatakan bahwa ketuntasan belajar siswa dibandingkan dengan pre test jauh lebih banyak yaitu 38 siswa. Jadi secara klasikal siswa tuntas dalam belajarnya dan prestasi belajar siswa meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaraan kooperatif pendeatan PBL dapat meningkatan prestasi belajar.

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL i
HALAMAN PENGESAHAN ii
KATA PENGANTAR iii
ABSTRAK iv
DAFTAR ISI v

A. BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah 1
B. Rumusan Masalah 2
C. Tujuan Penelitian 2
D. Manfaat Penelitian 2
E. Definisi, Asumsi dan Keterbatasan 3
F. Asumsi 3

B. BAB II KAJIAN PUSTAKA
A. Belajar Berdasarkan Masalah 4
B. Pengertian Motivasi Belajar 9
C. Pengertian Prestasi Belajar 10
D. Tinjauan Model Pembelajaran Kooperatif 11
E. Pokok Bahasan 12
F. Kerangka Berfikir 15

C. BAB III METODE PENELITIAN
A. Rancangan Peneltian 17
B. Sasaran Penelitian 17
C. Tempat dan Waktu Penelitian 17
D. Instrumen Penelitian 19
E. Metode Pengumpulan Data 19
F. Metode Analisis Data 19
G. Instrumen Penelitian 19
H. Metode Pengumpulan Data 20
I. Metode Analisis Muda 20

D. BAB IV HASIL DAN ANALISIS DATA PENELITIAN
A. Hasil dan Analisis Uji Coba Soal Tes 22
B. Hasil dan Analisis Pre Test 22
C. Hasil dan Analisis Hasil KBM 24
D. Hasil dan Analisis Respon Siswa 38
E. Hasil dan Analisis Hasil Post test 39
F. Diskusi Hasil Penelitian 41

E. BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan 42
B. Saran 42

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN
1. Lampiran 1 Jadwal Pelaksanaan Penelitian
2. Lampiran 2 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
3. Lampiran 3 Tes Formatif
4. Lampiran 4 Lembar Kerja Siswa
5. Lampiran 5 Post Test
6. Lampiran 6 Lembar Penilaian Tes Unjuk Kerja : Kegiatan Percobaan
7. Lampiran 7 Lembar Observasi Dan Penilaian Kegiatan Diskusi Dan Presentasi Siswa
8. Lampiran 8 Angket Siswa

2 komentar:

  1. ass.bu....apakah benar ini bu iin yg dlu mengajar fisika sekitar th.98-2001.dari.topan

    BalasHapus